Mekanisme Lomba

Syarat dan Ketentuan

  1. Peserta adalah siswa/i aktif tingkat SMA/SMK se-derajat dari seluruh Indonesia yang dibuktikan dengan hasil scan atau foto Kartu Pelajar atau Surat Keterangan dari sekolah.
  2. Peserta mendaftarkan diri dalam sebuah tim yang terdiri atas 3 (tiga) siswa yang berasal dari sekolah yang sama.
  3. Setiap sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari 1 tim dengan jumlah yang tidak dibatasi.
  4. Jumlah maksimum tim yang dapat lolos dari babak online test ke babak pre-eliminary dari setiap sekolah adalah sebanyak 7 tim dengan tetap berdasarkan rangking regional atau pun rangking paralel nasional.
  5. Peserta wajib didampingi oleh guru pembimbing dengan ketentuan;
    a. 1-3 tim  : 1 guru pembimbing
    b. 4-6 tim : 2 guru pembimbing
    c. 7 tim     :  2-3 guru pembimbing
  6. Setiap tim diwajibkan melakukan registrasi pendaftaran sesuai dengan prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan oleh pihak panitia.
  7. Lomba akan dilaksanakan 2 tahap. Tahap satu berupa penyisihan online test yang dilaksanakan di masing- masing daerah peserta. Tahap dua berupa penyisihan lanjut yang dilaksanakan di kampus Dramaga IPB.
  8. Penentuan tim yang lolos tahap online test dilakukan berdasarkan skor tertinggi dan sistem pemerataan regional yang dijelaskan pada mekanisme lomba.
  9. Tim yang lolos pada tahap 1 wajib menyertakan surat delegasi dari kepala sekolah saat pendaftaran kedua.
  10. Biaya akomodasi penginapan, transportasi, dan konsumsi diluar acara ditanggung oleh peserta. Panitia akan membantu mengkoordinir jika terdapat peserta yang memerlukan akomodasi penginapan dan transportasi di lingkungan sekitar kampus IPB Dramaga
  11. Bagi setiap anggota tim yang sudah pernah menjuarai LCTIP pada tahun sebelumnya, diperbolehkan mengikuti LCTIP XXV dengan persyaratan, setiap anggota tim tersebut berada dalam tim yang berbeda.
  12. Tidak diperbolehkan untuk mengganti anggota tim, kecuali dalam keadaan terdesak. Konfirmasi pergantian anggota tim atau guru pembimbing dilakukan maksimal 4 (empat) hari sebelum tahap penyisihan.
  13. Segala bentuk tindakan penipuan, kecurangan dan ketidaksesuaian informasi dengan data yang diperoleh panitia tanpa melakukan konfirmasi dapat berakibat pada sanksi diskualifikasi.

 

Teknis Pendaftaran

Pendaftaran dan pembayaran akan dilakukan dalam dua tahap. Pendaftaran tahap satu untuk mengikuti Online Test Round. Pendaftaran kedua dilakukan bagi tim yang dinyatakan lolos Online Test Round dan akan mengikuti tahap selanjutnya.

A. Pendaftaran Tahap Satu

  1. Pendaftaran tahap satu dibuka pada tanggal 18 Juli 2017 pukul 06.00 WIB dan ditutup pada tanggal 20 Agustus 2017 pukul 22.00 WIB.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online.
  3. Transfer pembayaran untuk tahap satu sebesar Rp 50.000,00 melalui rekening Bank BNI dengan no rekening 03-9040-7576 atas nama Vika Tresnadiana Herlina dengan mencantumkan kode referensi 251.
  4. Simpan bukti transfer dan scan bukti transfer tersebut.
  5. Sebelum melakukan pendaftaran di website LCTIP, setiap tim diwajibkan untuk mempersiapkan;
    a) soft file pas foto 3×4 masing-masing anggota (max 500kb).
    b) scan kartu pelajar atau surat keterangan aktif pelajar dari sekolah masing-masing anggota (max      500kb).
    c) scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) guru pembimbing (max 500kb).
    d) scan bukti transfer pembayaran (max 500kb).
  6. Melakukan pendaftaran pada website www.lctip.com dan klik menu Registrasi
  7. Username dan password yang digunakan pada pendaftaran dapat digunakan untuk melakukan sign in pada saat akan mengikuti Online Test Round (Pastikan agar peserta tidak lupa username dan password yang akan digunakan untuk mengikuti Online Test Round).
  8. Isi form (borang) dengan data yang sesuai
  9. Upload (unggah) file hasil scan atau foto dokumen yang dibutuhkan (pas foto, dan kartu pelajar masing-masing anggota, KTP guru pembimbing, dan bukti transfer pembayaran).
  10. Pastikan semua data terisi dengan benar dan lengkap, kemudian klik “daftar”.
  11. Proses verifikasi akan dilakukan oleh panitia dengan pengiriman email sebanyak dua kali ke alamat email yang digunakan saat pendaftran.
    a) Email pertama akan dikirimkan jika pendaftran telah berhasil dilakukan.
    b) Email kedua akan dikirimkan setelah proses verifikasi dokumen pendaftaran telah selesai serta akan dilampirkan bukti pembayaran pendaftran tahap satu.
  12. Peserta yang sudah terdaftar pada pendaftaran tahap satu, apabila melakukan pembatalan, maka uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  13. Setelah dinyatakan lolos Online Test Round, peserta diwajibkan mengikuti pendaftaran tahap dua.

B. Pendaftaran Tahap Dua

  1. Pendaftaran tahap dua dibuka pada tanggal 8 September 2017 pukul 06.00 WIB dan ditutup pada tanggal 14 September 2017 pukul 22.00 WIB.
  2. Pendaftaran dilakukan secara online
  3. Biaya pendaftaran tahap dua sebesar Rp 250.000,00 per tim.
  4. Transfer pembayaran tahap dua melalui rekening Bank BNI dengan no rekening 03-9040-7576 atas nama Vika Tresnadiana Herlina dengan mencantumkan kode referensi 252.
  5. Peserta yang sudah terdaftar pada pendaftaran tahap dua, apabila melakukan pembatalan, maka uang pendaftaran tahap dua akan dikembalikan sebanyak 70% dari total pembayaran pendaftaran tahap dua.
  6. Peserta melakukan konfirmasi melalui registrasi ulang pada www.lctip.com pada menu Registrasi dan klik kolom “Registrasi Tahap Dua” dengan tahap-tahap sama seperti pendaftaran tahap satu poin 8-10 dengan tambahan;
    a) scan bukti pembayaran tahap dua (max 500kb)
    b) scan surat delegasi dari kepala sekolah yang menyantumkan nama guru pembimbing dan nama      peserta LCTIP XXV (max 500kb).
  7. Proses verifikasi akan dilakukan oleh panitia dengan pengiriman email sebanyak dua kali ke alamat email yang digunakan saat pendaftran.
    a) Email pertama akan dikirim jika pendaftaran telah berhasil dilakukan.
    b) Email kedua akan dikirimkan jika verifikasi telah selesai dilakukan yaitu pada tanggal 21 September 2017. Kartu peserta LCTIP XXV dan kartu guru pembimbing serta bukti pembayaran pendaftaran tahap dua akan dilampirkan pada email ini. Jika dalam jangka waktu 48 jam setelah 21 September 2017 belum terdapat email dari panitia, silahkan hubungi contact person
  8. Kartu peserta dan kartu guru pembimbing wajib dibawa ketika mengikuti tahap selanjutnya yang diadakan di Kampus IPB Dramaga.

 

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Tanggal Pelaksanaan
Pendaftaran tahap I 18 Juli 2017 – 20 Agustus 2017
Online Test Round 2 – 3 September 2017
Pengumuman Online Test 6 September 2017
Pendaftaran tahap II 8 – 14 September 2017
Pre-Eliminary Round dan Quarter Final Round 7 Oktober 2017
Semifinal Round dan Final Round 8 Oktober 2017

 

Mekanisme Lomba LCTIP XXV

  1. PRE-ELIMINARY ROUND

Babak Preliminary terdiriatas 80 soal gabungan antara pilihan ganda dan menjodohkan, dengan masing-masing 15 soal Matematika, 15 soal Biologi, 15 soal Fisika, 15 soal Kimia, dan 20 soal Pangan.

  1. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan semua soal adalah 100 menit.
  2. Sistem skor pilihan ganda sebagai berikut: bernilai +4 bila jawaban benar, -1 bila jawaban salah, dan 0 bila tidak menjawab.
  3. Sistem skor menjodohkan adalah setiap soal benar bernilai +1 salah atau tidak menjawab 0.
  4. Peserta mengerjakan soal secara bertim.
  5. Setiap tim diperbolehkan untuk membawa kalkulator saat pengerjaan soal.
  6. Empat Puluh Delapan (48) regu dengan skor tertinggi berhak lolos ke babak Quarter Final.
  7. Jika terjadi kesamaan total skor, maka tim yang lolos adalah tim dengan skor tertinggi pada soal pangan.

 

  1. QUARTER FINAL

Babak ini terdiri dari 48 regu yang dibagi dalam 12 kelas dan tiap kelas berisi 4 regu.

Tiap regu diberikan kesempatan untuk memilih tempat duduk dengan cara mengambil undian yang telah disediakan.

  1. Pada sesi ini terdapat 3 sesi yaitu sesi amplop misteri,sesi rebutan, dan sesi rebutan bertingkat dengan mekanisme:
    1. Sesi amplop misteri
  • Terdiri dari 4 paket soal yang tiap paketnya berisi 5 buah soal yaitu 4 soal biasa dan 1 soal hitungan (Kategori soal matematika, fisika, kimia, biologi, dan pangan)
  • Jika regu menjawab benar akan bernilai 100, salah bernilai 0
  • Jika regu menjawab salah maka soal tidak dilempar ke regu lain
  • Sistem pembacaan soal yaitu grup A Paket A No.1 , grup B Paket B No. 1, grup C paket C No. 1, grup D paket D No.1 dan sererusnya sampai soal nomor 5
  • Setiap soal dalam tiap amplop memiliki bobot dan tipe yang sama, namun dikemas dalam kalimat yang berbeda
  • Soal hitungan akan diberi waktu tiga puluh (30) detik dan soal biasa akan diberi waktu sepuluh (10) detik untuk menjawab. Waktu dimulai sejak pembaca soal selesai membacakan soal.
    1. Sesi rebutan
  • Terdiri dari 20 soal biasa, setiap soal hitungan akan diberi waktu tiga puluh (30) detik dan soal biasa akan diberi waktu sepuluh (10) detik untuk menjawab (Kategori soal matematika, fisika, kimia, biologi, dan pangan)
  • Waktu dimulai sejak pembaca soal selesai membacakan soal.
  • Peserta dapat menjawab soal dengan menekan bel terlebih dahulu dan setelah dipersilahkan oleh juri untuk menjawab.
  • Jika soal belum selesai dibacakan dan peserta sudah menekan bel, maka regu tersebut boleh langsung menjawab setelah dipersilahkan oleh juri.
  • Jika regu pertama menjawab benar akan bernilai 100, salah bernilai -50
  • Jika regu pertama menjawab salah maka pembacaan soal akan dilanjutkan dan soal dapat dilempar sebanyak satu (1) kali kesempatan
  • Regu kedua yang berhak menjawab soal adalah regu yang memencet bel dan setelah dipersilahkan oleh juri
  • Jika regu kedua menjawab dengan benar akan mendapat nilai 50 dan -25 jika salah.
    1. Sesi rebutan bertingkat
  • Terdiri dari 10 soal dengan tingkat kesulitan bertingkat, setiap soal akan diberi waktu sepuluh (10) detik untuk menjawab.
  • Kategori soal pangan
  • Poin untuk setiap pertanyaan berbeda-beda (range poin 100-300)
  • Jika regu menjawab benar akan bernilai (100-300), salah bernilai -25% dari poin benar
  • Jika regu pertama menjawab salah maka soal tidak dapat dilempar.
  1. Duabelas (12) tim berhak lolos ke babak Semi Final dengan ketentuan:tim dengan skor tertinggi dari tiap kelas.

 

  1. SEMIFINAL

Dua belas (12) regu yang lolos ke babak semi final dibagi ke dalam 3 kelas dengan masing-masing 4 tim tiap satu kelas. Tiap tim diberikan kesempatan untuk memilih tempat duduk dengan cara mengambil undian yang telah disediakan. Terdapat 4 sesi di babak Semifinal, dua sesi pertama soal ketok/ bergeser dan Food’s Cross Words akan dilakukan di suatu ruang kelas secara bersamaan oleh seluruh regu yang lolos ke babak semifinal.

  1. Terdapat empat (4) sesi dalam babak semi final:
    1. Soal ketok/bergeser
  • Pada sesi ini terdapat 20 soal yang terdiri dari 15 soal isian dan 5 soal praktikum.
  • Peserta mengerjakan soal secara beregu dalam satu ruangan secara bersamaan.
  • Waktu mengerjakan untuk soal isian yaitu 1 menit, sedangkan untuk soal praktikum yaitu 2 menit. Tiap menit akan terdengar bunyi bel yang menandakan berakhirnya pengerjaan soal (yang sedang dikerjakan) dan peserta harus bergeser untuk mengerjakan soal berikutnya. Untuk soal praktikum, peserta bergeser setelah tedengar bunyi bel sebanyak 2 kali.
  • Setiap soal isian jika benar bernilai 100 poin dan soal praktikum jika benar bernilai 200 poin.
  • Poin yang didapat dari sesi ini akan diumumkan di akhir babak semifinal.
    1. Food’s cross words
  • Sesi ini terdiri atas 16 soal pangan.
  • Masing-masing regu dapat menjawab soal dengan cara menuliskan jawaban di lembar yang telah disediakan.
  • Jawaban benar bernilai +100 dan jawaban salah -50.
  • Waktu yang disediakan untuk menjawab seluruh soal sebanyak 5 menit.
  • Poin yang didapat dari sesi ini akan diumumkan di akhir babak semifinal.
    1. Tic Tac Toe
  • Peserta melakukan sesi ini secara beregu
  • Tersedia 25 kotak yang akan ditampilkan dan setiap kotak terdiri atas soal pangan dengan materi yang berbeda-beda.
  • Setiap regu berhak untuk memilih kotak secara bergantian. Urutan regu untuk memilih dan menjawab soal sesuai dengan urutan tempat duduk yaitu dari regu A hingga ke regu D.
  • Tiap regu mendapat kesempatan untuk menjawab 5 kotak dari 25 kotak yang tersedia (termasuk soal lemparan).
  • Peserta diberikan waktu 10 detik untuk menjawab soal. Apabila regu pertama tidak dapat menjawab kotak yang dipilih, maka kotak dapat dibuka kembali oleh regu lain sebanyak satu kali.
  • Jika regu kedua tidak bisa menjawab soal maka soal akan hangus.
  • Apabila regu pertama berhasil menjawab soal maka akan mendapat poin 100 dan jika salah akan mendapat poin 0.
  • Jika regu kedua berhasil menjawab soal maka akan mendapat poin 75 dan jika salah akan mendapat poin 0.
  • Setiap Regu yang berhasil membuat garis dengan 3 kotak baik horizontal, vertikal, dan diagonal berhak mendapat tambahan poin sebesar 200 poin.
    1. Sesi rebutan bertingkat
  • Terdiri dari 20 soal dengan tingkat kesulitan bertingkat, setiap soal akan diberi waktu sepuluh (10) detik untuk menjawab
  • Kategori soal pangan
  • Poin untuk setiap pertanyaan berbeda-beda (range poin 100-300)
  • Jika regu menjawab benar akan bernilai (100-300), salah bernilai -25% dari poin benar
  • Jika regu pertama menjawab salah maka soal tidak dapat dilempar.
  1. Skor per sesi akan dijumlahkan untuk masing-masing-masing tim.
  2. Regu dengan skor tertinggi pada tiap kelas dan regu peringkat pertama paralel seluruh kelas akan lolos ke babak final.
  3. Apabila terdapat kesamaan skor, maka akan dilakukan sesi rebutan untuk tim dengan skor sama berupa 3 soal isian singkat dan 2 soal benar salah.

 

  1. FINAL
  2. Babak final diikuti oleh empat regu terbaik yang diambil dari babak semifinal.
  3. Regu dengan nilai tertinggi di babak semifinal dapat memilih tempat duduk terlebih dahulu.
  4. Skor untuk keseluruhan sesi dalam babak final bersifat akumulatif.
  5. Babak final terdiri atas delapan sesi, yaitu wajib, lemparan, studi kasus, uji organoleptik, tic tac toe, LCTIP 100, cepat tepat, dan Siapa Berani.
  6. Wajib
  • Sesi wajib terdiri atas soal benar salah, isian singkat, dan analisis gambar.
  • Setiap amplop terdiri atas 10 soal pangan yang wajib dijawab.
  • Pembacaan soal dimulai dari regu A berurutan hingga regu D
  • Waktu yang diberikan untuk menjawab soal selama 10 detik.
  • Poin yang diberikan untuk jawaban benar sebesar +100, sedangkan untuk jawaban salah sebesar 0.
  • Jika regu menjawab salah maka soal tidak dilempar ke regu lain
  1. Uji Strategi
  • Sesi uji strategi terdiri atas soal isian singkat.
  • Setiap regu berhak untuk menjawab atau melempar soal yang diberikan.
  • Jika suatu regu menjawab soal dengan benar, poin yang diberikan sebesar +100. Jika salah menjawab soal, poin yang diberikan sebesar -50.
  • Jika suatu regu melempar soal kepada regu lain, regu yang mendapat lemparan soal menjawab dengan benar makan akan mendapat poin +100.
  • Bila regu lain salah menjawab soal mendapat -50 poin, dan regu yang melempar soal berhak mendapat poin sebesar +50.
  • Waktu yang diberikan untuk menjawab soal selama 10 detik.
  1. Studi Kasus
  • Sesi studi kasus diawali dengan pemutaran video dengan empat (4) topik berbeda yang akan ditayangkan secara bersamaan.
  • Setiap regu diberikan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan video tersebut.
  • Selama pemutaran video, peserta diberikan kesempatan untuk menulis poin-poin penting dari video tersebut.
  • Waktu video yang ditayangkan dengan alokasi waktu 2-3 menit.
  • Setiap regu berhak mendapat soal yang berkaitan dengan video tersebut dalam bentuk isian singkat.
  • Regu yang menjawab benar mendapat poin +100, sedangkan tim yang menjawab salah mendapat poin sebesar 0.
  1. Uji Organoleptik
  • Disediakan 6  buah sampel jenis jenis roti.
  • Setiap regu diberi waktu 2 menit untuk mencicipi sampel.
  • Peserta dapat menjawab soal dengan cara menempelkan jawaban di papan jawaban dalam waktu 1 menit.
  • Setelah waktu habis seluruh regu wajib mengangkat papan jawaban tersebut.
  • Uji hanya dapat dilakukan dengan mencium bau, memakan sampel dan meraba tekstur makanan.
  • Untuk peserta yang ada alergi tertentu dilarang untuk mencicipi sampel
  • Tiap jawaban benar bernilai 100, salah dan tidak menjawab bernilai 0.
  1. Tic Tac Toe
  • Peserta melakukan sesi ini secara beregu
  • Tersedia 25 kotak yang akan ditampilkan dan setiap kotak terdiri atas soal pangan dengan materi yang berbeda-beda. Tiap kotak memiliki skor yang berbeda-beda bergantung pada tingkat kesulitan soal.
  • Setiap regu berhak untuk memilih kotak secara bergantian. Urutan regu untuk memilih dan menjawab soal sesuai dengan urutan tempat duduk yaitu dari regu A hingga ke regu D.
  • Tiap regu mendapat kesempatan untuk menjawab 5 kotak dari 25 kotak yang tersedia (termasuk soal lemparan).
  • Peserta diberikan waktu 10 detik untuk menjawab soal. Apabila regu pertama tidak dapat menjawab kotak yang dipilih, maka kotak dapat dibuka kembali oleh regu lain sebanyak satu kali.
  • Jika regu kedua tidak bisa menjawab soal maka soal akan hangus.
  • Apabila regu pertama berhasil menjawab soal maka akan mendapat poin 100 dan jika salah akan mendapat poin 0.
  • Jika regu kedua berhasil menjawab soal maka akan mendapat poin 75 dan jika salah akan mendapat poin 0.
  • Setiap Regu yang berhasil membuat garis dengan 3 kotak baik horizontal, vertikal, dan diagonal berhak mendapat tambahan poin sebesar 200 poin.
  1. LCTIP 100
  • Peserta melakukan sesi ini secara beregu
  • Pada sesi ini akan diberikan pertanyaan mengenai 5 bahan-bahan dengan presentase terbanyak dari suatu produk olahan pangan. Tiap bahan akan diberikan skor yang berbeda-beda sesuai dengan presentasenya.
  • Produk pangan yang akan ditebak akan ditayangkan gambarnya pada layar.
  • Tiap regu mengutus satu perwakilan regunya untuk memencet bel yang berada di tengah panggung, untuk menebak 1 bahan dengan persentase tertinggi dengan waktu maksimal menjawab 5 detik.
  • Apabila regu yang merebut pertama tidak menjawab bahan dengan presentase tertinggi, maka akan diberikan kesempatan untuk regu lain untuk menebak secara rebutan kembali.
  • Regu yang berhasil menebak bahan dengan presentase tertinggi berhak menjawab 4 sisa bahan penyusun lainnya.
  • Anggota regu yang terpilih tersebut harus menebak sisa bahan yang belum disebutkan sebelumnya secara bergantian sampai semua bahan tertebak. Waktu maksimal untuk menjawab yaitu 10 detik tiap peserta.
  • Tiap jawaban benar bernilai sesuai dengan persentase bahan yang disebutkan poin.
  • Maksimal untuk kesalahan menebak ialah 2 kali. Tiap jawaban salah tidak akan ada pemotongan skor.
  • Jika tim sudah salah menjawab 2 kali tetapi seluruh bahan belum semua tertebak oleh tim tersebut, maka akan dilempar kepada tim lain secara rebutan. Tim yang terpilih hanya memiliki satu kali kesempatan (jika salah menebak soal akan diakhiri dan dilanjutkan pada soal berikutnya). Skor yang diperoleh oleh tim yang berhasil merebut adalah total skor dari tim sebelumnya.
  • Skor maksimal yang didapat oleh tiap regu untuk tiap soal adalah 100 poin.
  1. Siapa Berani
  • Sesi ini terdiri atas 15 soal yang diperebutkan oleh setiap regu dengan memberikan lelang berupa poin dalam kisaran 50-500 dengan kelipatan poin lelang sebesar 50 poin.
  • Setiap soal akan dibacakan sebagian, kemudian akan diadakan pelelangan poin.
  • Pelelangan poin dilakukan dengan sistem lelang dalam waktu 120 detik. Setiap regu berhak melelangkan poinnya dengan cara memencet bel dan setelah dipersilahkan oleh juri.
  • Apabila ada regu yang langsung melelangkan poin sebesar 500 poin maka otomatis soal milik regu tersebut.
  • Regu yang memberikan lelang nilai tertinggi berhak menjawab soal yang ada.
  • Setelah nilai lelang soal ditentukan maka pembacaan soal akan dilanjutkan.
  • Waktu yang diberikan untuk menjawab soal adalah 10 detik.
  • Poin yang diberikan jika jawaban benar sesuai dengan nilai yang dilelangkan oleh tim tersebut. Apabila jawaban salah maka tim akan dikurangin nilainya sejumlah poin yang dilelangkan.
  • Tidak berlaku lemparan soal untuk Sesi Siapa Berani.
  1. Rebutan
  • Sesi ini terdiri atas soal isian singkat yang dapat dijawab oleh setiap regu.
  • Regu yang berhak menjawab adalah tim yang paling awal menekan tombol bel dan dipersilahkan oleh juri.
  • Jika soal belum selesai dibacakan dan peserta sudah menekan bel, maka regu tersebut boleh langsung menjawab setelah dipersilahkan oleh juri.
  • Waktu yang diberikan untuk menjawab selama 5 detik.
  • Poin yang diberikan untuk tiap jawaban benar adalah bertingkat mulai dari 100-300
  • Jika tim menjawab salah maka akan dikurangi sebesar setengah dari nilai soal tersebut.
  • Sesi ini tidak berlaku lemparan soal.
  1. Detail peraturan akan dijelaskan ketika babak final berlangsung.
  2. Regu dengan nilai tertinggi pada babak final akan menjadi juara I LCTIP XXV
    dan seluruh anggota tim berhak mendapatkan golden ticket sebagai mahasiswa
    baru Ilmu dan Teknologi Pangan IPB sesuai ketentuan yang berlaku.
  1. Apabila regu yang mendapat Juara I LCTIP XXV tidak mengambil kesempatan Golden Ticket, maka Golden Ticket tersebut akan jatuh kepada juara selanjutnya.