PRESS RELEASE LCTIP XXV

Dramaga, Bogor – 8 Oktober 2017. Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan (LCTIP) XXV IPB merupakan salah satu program kerja divisi Eksternal Himitepa IPB 2016/2017. LCTIP XXV IPB diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2017 yang terdiri dari dua rangkaian acara besar, yaitu Lomba Cepat Tepat dan Seminar Nasional.

Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan adalah kompetisi Lomba Cepat Tepat antar kelompok perwakilan sekolah jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat nasional. Materi yang diujikan terdiri atas ilmu-ilmu dasar seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, serta Ilmu Pangan. LCTIP terdiri dari beberapa tahap, tahap pertama yaitu National Online Test Round dilaksanakan pada 2-3 September 2017 yang diikuti oleh 195 tim. Tahap kedua dilaksanakan pada 7 Oktober 2017 dengan rincian babak Pre-eliminary yang diikuti oleh 105 tim yang telah lolos pada babak Online Test serta Quarter Final yang diikuti oleh 48 tim. Pada tanggal 8 Oktober 2017 dilaksanakan Semi Final yang diikuti oleh 12 tim dan babak Final yang diikuti oleh 4 tim. Finalis LCTIP XXV yaitu tiga tim dari SMAN 2 Bandar Lampung dan satu tim dari SMK SMAK Bogor. Terdapat tiga juara pada LCTIP XXV 2017, yaitu Juara 1 untuk SMAN 2 Bandar Lampung Tim C, Juara 2 untuk SMK SMAK Bogor, dan Juara 3 untuk SMAN 2 Bandar Lampung Tim E. Juara pertama selain mendapatkan hadiah uang tunai juga mendapatkan golden ticket diterima di program studi Teknologi Pangan IPB tanpa tes.

Seminar Nasional yang mengangkat tema ROTY: Recall The Golden Story of Bakery dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2017 di Auditorium Andi Hakim Nasution yang diikuti oleh 191 peserta seminar nasional dan 12 tim LCTIP yang lolos ke tahap semifinal. Seminar nasional yang mengangkat tema besar bakery terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama oleh Prof. Dr. F.G Winarno sebagai keynote speaker membahas “Molecular Gastronomy: The Secret Legacy Behind Bakery Products”. Sesi kedua oleh  Prof. Dr. Nuri Andarwulan membahas “The Chemistry Behind Bakery: Emulsifier in Bakery Product and Its Trend”. Serta sesi ketiga yang diisi oleh pihak industri yaitu RnD manager PT Bungasari Flour Mills Indonesia, Agus Sutriyono, yang membahas tentang “Technology Beneath the Flavorous Bakery Products”

LCTIP XXV IPB berjalan dengan baik melihat antusiasme dari peserta LCTIP yang berhasil merambah hampir ke seluruh SMA/SMK di penjuru Indonesia serta peserta seminar nasional yang berasal dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *